Senin, 12 Desember 2016

Merawat Akal Sehat Publik





Apa yg kamu lihat dari gambar di atas? Pernah kamu berfikir gambar di atas merupakan suatu implikasi pemberontakan merujuk pada simbol organisasi tertentu? Kalo begitu betapa hinanya kamu yg telah mengkhianati bahkan memperkosa nalar dan akal sehat sendiri.

Akal sehat publik terus dieskploitasi oleh isu2 yg masif, entah itu di grup wa atau sekedar tongkrongan warung kopi. Frekuensinya cukup relatif, ada yg sampai rusaknya komunikasi karena beda persepsi, ada juga yg sebatas mukadimah untuk menghangatkan meja diskusi. Tapi yg perlu dicatat seberapa jauh nalar kita dalam menanggapi isu tersebut, apakah hanya sebatas copy paste dari grup wa sebelah lalu mengesharenya ke grup yg lain tanpa diinterpretasikan ulang?

Dampaknya terlihat jelas kelakuan kita dalam bergaul di sosmed lalu diaplikasikan dalam kehidupan sehari2. Matinya minat baca dan tumbuhnya minat berkomentar yg mengekor. Bahkan palu arit masih disimbolisasikan sebagai kejahatan dan pemberontakan, palu itu simbolnya kuli kontrak, dan arit itu milik petani.

Jadi jika kamu besok liat kuli yg sedang nancepin paku pake palu di pondasi rumah yg sedang dibangun apakah kamu anggap ia pemberontak? Atau jika km liat petani yg sedang memangkas rumput2 liar di ladangnya dgn arit apakah kamu anggap ia sebagai hantu2 komunis? Pernah kamu berfikir sampe ke sana? Apakah kita hanya bangsa yg gandrung terhadap simbol2 yg tentu sifatnya abstrak? Dan yg abstrak itu lah penuh dengan pemaknaan, jadi sangat perlu di otak mu itu punya seni untuk memahami. Dan jika besok km menemukan uang pecahan 100rb ada simbol palu aritnya jangan dibakar atau km sobek2, kasih saja yg memerlukan atau kasih saja ke saya😀😀.. salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar